Minggu, 28 September 2008

LIMA LANGKAH PANDAI BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC

Saya ingin berbagi pengalaman pribadi. Yup, dari judulnya VBro tentu tahu pengalaman pribadi apa yang Saya maksud : Pandai menggunakan Visual Basic (VB). Saya bukan ahli ataupun Master untuk VB, tapi setidaknya Saya pandai menggunakannya (hehe..bukan sombong ya ! Cuman buat ge-er aja neh :P !). Tak terhitung berapa banyak program yang sudah Saya buat secara pribadi ataupun bersama-sama. Apakah hanya iseng belaka, maupun untuk dibisniskan. Lumayan juga hasilnya, program yang Saya buat dihargai oleh mereka yang membutuhkannya. Mulai dihargai sejuta terima kasih (alias Nuhun sumuhun pisan banget gitu dah…:P !), hingga mendapat “duit” beneran. Kalo hitungan rupiah sih mulai dari ratusan ribu hingga ratusan Juta. Ga percaya ? Sama, Saya juga..hehee..
Ya, itulah yang sudah Saya peroleh sejauh ini. Bukan untuk maksud menyombongkan ataupun membangga-banggakan diri sendiri, akan tetapi lebih untuk memotivasi VBro bahwa segala sesuatu yang dikerjakan dengan tekun, cepat atau lambat akan membuahkan hasil.
Tanpa banyak basa-basi lagi, berikut 5 langkah yang bisa VBro jadi acuan untuk dapat pandai VB :
1. Think First Ask Question Later
Ungkapan ini harus selalu terpatri dalam diri VBro. Bagi Saya, kalo VBro ingin pandai VB, harus datang dari diri VBro sendiri, bukan dari Saya, temen, pacar, teteh, ortu, bahkan God himself. Ya ! Mungkin terkesan ambisius, tapi inilah kenyataannya. Tuhan telah memberikan kita akal dan pikiran untuk maju dan menghadapi apapun permasalahan hidup, termasuk untuk pandai VB.
Untuk pertama kali, VBro harus mensetting ulang segala hal : lakukan semuanya sendiri dulu, jangan tanya kanan-kiri apalagi ke atas-bawah...ntar pusing deh..heehee. Lalu apa yang dimaksud dengan “semuanya sendiri dulu” ? Bagaimana caranya ?. Begini yang Saya maksud : Install program VB yang ingin dikuasai (VB 6, VB.NET, VB 2005 dst), beli satu buku (atau membaca E-book) tentang VB tersebut, dimana isinya bukan hanya teori saja, tapi harus ada kode-kode program yang harus dikerjakan sebagai latihan. Baca, kemudian praktekan. Syukur-syukur kalau bisa halaman demi halaman…mantap !.
Saya jadi teringat buku VB saya pertama kali, yaitu dari IDG Computing, dengan judul Learning Microsoft Visual Basic 4.0 : Step by Step. Menurut Saya, buku ini benar-benar bagus untuk saat itu. Selain bahasanya mudah dimengerti, juga ada tujuan akhir dari membaca buku itu: membuat program Notepad.

2. Tekun : There’s No Secret Recipe !
Kalau VBro udah ada yang nonton film Kungfu Panda (I loved this movie !), ungkapan di atas tentu tidak asing lagi. Yup ! Untuk pandai VB tidak ada resep rahasia, kecuali tekun. Tidak ada yang tidak bisa dikuasai oleh siapapun jika ia tekun dalam suatu bidang. Kalo VBro ingin pandai VB, jangan menclak-menclok (pindah-pindah) kayak kodok melompat. Baru selesai baca buku VB 1 buah, lalu ingin mahir C, kemudian juga ingin pandai Java. Kecuali VBro ingin menguasai VB secara total, itu boleh, malah wajib hukumnya ya ! hehe...Yang Saya maksud dengan VB secara total adalah turunan dari bahasa VB itu sendiri : VBA, VBScript dan VB.NET. Mungkin ada yang bertanya, kalo gue bisa kenapa ga ? Kan gue pinter ! …Ya betul, itu hak VBro, tapi apa gunanya punya “banyak alat” kalau “satu alat saja” bisa dilakukan ?. Dalam perjalanannya nanti, VBro akan tahu, bahwa “satu alat VB saja“ merupakan “alat” yang powerful, apalagi dengan teknologi .NET-nya….tidak seperti mereka yang menjuluki VB sebagai “dummy language”..The fact is…no wonder why 6 million programmers (estimate as 40% of population) around the world still used it as their main development languange.

3. Practice Make You Better
Semua orang yang unggul, selalu tekun berlatih - Aristoteles. Sejuta langkah yang dilalui, selalu diawali oleh langkah pertama – Tsun Tzu. Itulah keutamaan latihan. Bagaimana kiatnya agar kita selalu berlatih ? Bergabung dan ikut serta dengan mereka yang bermasalah !. Ya ! Banyak sekali orang yang mengalami masalah dan kesulitan dengan VB. Apakah mereka yang tergabung dengan milis ataupun hanya rekan VBro yang ingin membuat program tugas akhir.
Saya teringat bagaimana Saya bilang “Ya, Bisa !” untuk dapat membuat suatu program VB pertama Saya (inilah salah satu proyek sejuta tengkyu itu…hehe..). Program itu adalah program aplikasi penerimaan mahasiswa baru bagi kampus Saya. Padahal Saya belum pernah membuat sebelumnya, bahkan Saya tidak tahu bagaimana caranya. Akan tetapi, Saya selalu berusaha challenge myself (at least until now..hehe), untuk dapat menghasilkan sesuatu yang selain bermanfaat, juga mempertajam skill melalui latihan-latihan. So, never under-estimate the power of practices.

4. MUDIK : Must Updating Your Skill
Arti Mudik disini, secara esensi selain bermakna memindahkan orang dari kota ke desa, buat berlebaran – seperti yang terjadi Sekarang ini (Hei ! 3 Hari lagi Idul Fitri 1429 H lho !) – juga bermakna memindahkan kemampuan lama VBro ke kemampuan yang baru.
So, kalau tradisi Mudik biasanya dilakukan setahun sekali, VBro harus mempunyai tekad untuk Mudik VB setiap saat dibutuhkan. Apakah ketika ada teknik VB baru yang diketahui, maupun ketika teknologi VB yang terus berkembang. Dahulu, dalam VB 6 mungkin VBro untuk mencari suatu kata dengan kriteria tertentu di dalam teks/kalimat dilakukan dengan menggunakan perulangan atau fungsi tertentu, sekarang, dengan teknologi terbarunya, LINQ, hal itu tidak perlu dilakukan lagi. Cukup definisikan LINQ, lakukan mekanisme Query terhadap teks/kalimat tersebut dan munculah hasilnya !. (Kalau belum tahu tentang LINQ, untuk sekarang cari tahu sendiri dulu ya ! Nanti ada bahasan khususnya deh ! Hehe..)

5. Ora Et Labora
Kerja dan Doa. Itulah arti Ora Et Labora. Niatkan semua yang kita kerjakan sebagai ibadah dan senantiasa sebagai ibadah. Tidak ada sesuatupun yang kebetulan dalam hidup ini. Bahkan, ketika VBro tertarik dengan VB untuk pertama kalinya, itu juga bukan suatu kebetulan. Semua ada hikmah yang dapat kita petik, kalau kita termasuk orang yang berfikir. Jangan niatkan VBro mempelajari VB untuk mendapat kerja ataupun duit, karena semua hal yang dikerjakan sendiri dengan tekun, terus menerus, diniatkan ibadah, pasti dibalas oleh-Nya, dengan cara yang VBro tidak duga-duga. Apakah nanti kelak VBro dengan pandai VB bener-bener jadi programmer handal, sebagai desain aplikasi handal ataupun hanya sebagai IT Support di tempat kerjaan, seperti Saya ini…hehe. Tidak ada yang tahu hasilnya, kecuali Allah SWT semata.

Itulah lima langkah pandai VB ala Saya..semoga bermanfaat bagi siapa saja yang telah membacanya…Amin.. Now, let’s programming begin !.

Tidak ada komentar: